Petani Penombo Bersama Kades Pantai Harapan Jaya Kompak Bersihkan Kali Cikarang Jati

61
iklan bnk kabupaten bekasi

Petani Penombo Bersama Kades Pantai Harapan Jaya Kompak Bersihkan Kali Cikarang Jati

Kabupaten Bekasi – Kali Cikarang Jati Kecamatan Cikarang Utara adalah kali yang melewati beberapa Kecamatan yaitu Sukatani,Sukakarya,Sukawangi dan bermuara di Kecamatan Muara Gembong.

Saat musim kemarau tiba,berimbas banyaknya desa akan mengalami kekeringan diantaranya ada 4 Kecamatan yang di lalui kali Cikarang Jati.Karena belum adanya pintu air yang mengatur aliran air di kali tersebut berdampak pada petani khususnya di Kampung Penombo Kecamatan Muara Gembong.

Di dampingi Kepala Desa Pantai Harapan Jaya Mahir Nurmawan warga masyarakat khususnya para petani membendung kali Cikarang Bekasi Laut (CBL) di hulu kali Cikarang Jati Kecamatan Cikarang Utara untuk mengairi sawah menjelang musim kemarau sambil menyisir kali untuk membersihkan sampah yang menyumbat selasa 23 April 2021.

Inilah salah satu cara yang dilakukan para petani agar bisa mengairi lahan sawah produktif di beberapa Kecamatan yang di lalui kali Cikarang Jati,yaitu Kecamatan Sukatani, Sukakarya,Sukawangi dan bermuara di kecamatan Muara Gembong.

Harapan para petani di 4 kecamatan khususnya petani Kampung Penombo Desa Pantai Harapan Jaya kepada pemerintah agar tanggap menanggulangi kekeringan apabila musim kemarau tiba.Karena pada saat musim kemarau petani selalu kerjabakti membendung kali CBL untuk mengairi sawah mereka.

Menurut kepala desa Mahir Nurmawan, “Kami setiap tahun selalu membendung kali CBL dan menyisir aliran kali untuk membersihkan sampah agar aliran air lacar dan tidak tersumbat sampai kampung penombo ujung kali Cikarang.

Kepada Pemerintah Kabupaten Bekasi dan Provinsi Jawa Barat agar segera membangun pintu air Cikarang Jati arah Sukatani,Sukakarya,Sukawangi agar petani tidak kekurangan air saat musim kemarau tiba.

Wilayah kami selalu kebanjiran saat musim Hujan dan kekeringan saat musim Kemarau tiba.Harapan kami kepada Pemerintah Provinsi Jawa Barat ataupun Pemerinta Daerah Kabupaten Bekasi agar segera di buatkan Pintu Air di Kali Cikarang Jati guna mengatur aliran air supaya lancar.pungkasnya(Maul).

Bekasi Newsroom 2 Tahun