Kampung Tangguh Jaya di Serang Baru Turunkan Positif Covid 19 Diangka Nol

23
okr

Kampung Tangguh Jaya di Serang Baru Turunkan Positif Covid 19 Diangka Nol

Kabupaten Bekasi – Kampung tangguh Jaya yang dibentuk Pemerintah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19, ternyata berpengaruh besar terhadap angka penurunan kasus positif di wilayah Kecamatan Serang Baru.

Hal tersebut disyukuri oleh Kapolsek Serang Baru, AKP Abdul Rasyid,SH, MM dalam keterangannya, Jum’at (26/2/2021) sore tadi.

“Alhamdulillah secara data kasus per hari kemarin yang positif aktif ada di angka nol. Ini sangat jauh fantastis menurun dibandingkan beberapa minggu lalu yang di atas 17 warga positif,” ungkap AKP Abdul Rasyid.

Terhadap keberhasilan tersebut, AKP Abdul Rasyid menyatakan bersama tiga pilar akan terus mengaktifkan kampung tangguh di wilayahnya. Kegiatan 3T yakni testing, tracing dan treatment bakal dioptimalkan hingga RT dan RW, sebagai cara untuk memetakan kasus yang terjadi di seluruh wilayah Serang Baru.

“Dengan adanya 3T ini, maka kita bisa melihat berapa banyak yang positif. Misalnya ada yang positif maka tugas kita adalah memastikan mereka kontak erat dengan siapa saja,” ujar AKP Abdul Rasyid.

Kampung tangguh yang ada di Perumahan Mega Regency Blok G RW 20 Desa Sukaragam, Kecamatan Serang Baru, ternyata juga terbukti efektif untuk membantu pemulihan perekonomian warga.

“Adanya program kampung tangguh terdapat pemberdayaan warga berupa budidaya benih ikan. Ada kegiatan dalam rangka untuk edukasi masyarakat terhadap 5M, dan bagaimana pemulihan ekonomi. Ini bagus buat masyarakat hingga di tingkat terendah,” ucap AKP Abdul Rasyid.

Selain itu, menurut AKP Abdul Rasyid, untuk teknis pelaksaan Kampung Tangguh Jaya yakni, membentuk perangkat monitoring dengan melibatkan beberapa elemen.

Anggota kepolisian kata dia, dibantu perangkat TNI, petugas kesehatan di tingkat desa serta elemen RT/RW sama-sama secara rutin mengedukasi.

“Keberadaan aparat Desa dan petugas-petugas di lapangan sangat berpengaruh sinergitasnya terbangun,” ucapnya.

“Secara teknis pertama berkaitan dengan himbauan-himbauan, pembagian masker, terus memantau wilayah agar tidak terjadi kerumunan, supaya warga terhindar dari penyebaran Covid-19,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua Rukun Warga Suwaji mengatakan, bahwa warga di Kampung Tangguh Jaya di Perumahan Mega Regency Blok G RW 20 Desa Sukaragam, Kecamatan Serang Baru saat ini lanjut dia, secara moral sudah dapat mengedepankan pentingnya protokol kesehatan Covid-19.

“Warga di Kampung Tangguh Jaya telah teredukasi dan mengerti secara bijak. Secara moral, berpengaruh pada perubahan prilaku sudah nampak, warga mulai mengetahui kalau misalnya tidak memakai masker di luar rumah itu tidak benar, jadi prilaku masyarakat juga mulai terbentuk dengan keberadaan Kampung Tangguh Jaya tersebut,”pungkas Suwaji(Maul).

Bekasi Newsroom 2 Tahun