12 Ribu Buruh Pabrik Akan Di lakukan Tes Swab

10

Kabupaten Bekasi – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi bakal melakukan tes swab kepada 12 ribu pekerja pabrik. Tes yang akan dilakukan secara massal ini digelar setelah lokasi isolasi terpusat selesai disiapkan.

Karena dikhawatirkan setelah tes swab tersebut terjadi lonjakan kasus positif Covid-19 di Kabupaten Bekasi.

“Mulainya dalam waktu dekat ini. Kami lagi persiapkan lokasi isolasi terpusatnya ini,” kata Wakil I Satuan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Bekasi, Kombes Hendra Gunawan, Senin (30/11/2020).

Tes swab massal terhadap pekerja pabrik dilakukan karena sektor industri menjadi penyumbang terbesar kasus Covid-19 di Kabupaten Bekasi. Jumlahnya mencapai 60 persen, atau sekitar 3.000 kasus positif dari klaster industri.

“Dalam tahap pertama, kami akan lakukan 12 ribu tes swab massal. Selama 12 hari ke depan dengan per harinya sebanyak 1.000 orang akan dilakukan tes,” ucapnya.

Hendra berharap tes swab massal bisa menjaring atau mendeteksi pekerja pabrik yang positif Covid-19 namun tanpa gejala.

“Ini juga upaya untuk memutus penyebaran kasus Covid-19. Jadi yang positif segera dilakukan perawatan dan dilakukan treatment. Serta dilakukan karantina terpusat,” ungkapnya.

Untuk lokasi karantina atau isolasi mandiri, lanjut Hendra, disiapkan di Wisma Dirgantara, di Jalan KH Dewantara Jababeka, Desa Simpangan, Kecamatan Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi(Rafi).

Bekasi Newsroom 2 Tahun