Mentri Sosial mengukuhkan 1000 Sahabat ODHA di Cikarang Kabupaten Bekasi

0
Iklan Dalam Artikel

Mentri Sosial mengukuhkan 1000 Sahabat ODHA di Cikarang Kabupaten Bekasi

Kabupaten Bekasi– Menteri Sosial (Mensos) RI, Agus Gumiwang Kartasasmita, mengukuhkan 1000 Sahabat Peduli Orang Dengan HIV-AIDS (ODHA) di cikarang Kabupaten Bekasi Jawa Barat.Kementerian Sosial menargetkan akan mengukuhkan 1.000 sahabat peduli ODHA di tiga provinsi berbeda.

Melalui Sahabat Peduli ODHA, Agus Gumiwang mengharapkan, peran serta masyarakat dalam memberikan pemahaman, sekaligus menghindari penyebaran virus HIV-AIDS yang kian memprihatinkan terutama di kalangan usia produktif.

“Melalui sahabat ODHA, agar masyarakat juga dapat menjadi sahabat bagi mereka yang telah terdampak untuk bangkit bersama menatap masa depan yang lebih cerah,” tutur Agus Gumiwang, di Bekasi, Jawa Barat, Kamis ( 4/4/19 )

Iklan dalam artikel

Angka pengidap HIV-AIDS di Indonesia masih tergolong tinggi. Mengutip data Kementerian Kesehatan, Mensos menyatakan, sampai tahun 2019, tercatat sebanyak 350 ribu kasus HIV

“Penyebaran tertinggi pada kelompok umur 20-49 tahun. Kondisi ini tentu saja sangat mengkhawatirkan,”tandasnya.

Menurutnya, populasi tertinggi justru ditemukan pada usia produktif yang seharusnya jadi subyek dan penggerak pembangunan. Kondisi tertular HIV-AIDS, imbuhnya, sangat berpengaruh pada berbagai aspek fisik dan psikologis.

“Saya meminta penanganan HIV-AIDS haruslah komprehensif,” katanya. Sebab, lanjutnya, agar tidak menjadi masalah sosial ketika terjadi diskriminasi.

Sementara itu dengan di lantiknya 1000 Sahabat ODHA ini merupakan upaya kementrian Sosial untuk minimalisir Virus HIV-AIDS sedangkan penanganan dan penyembuhanya di lakukan oleh Kementrian Kesehatn.

Dalam kaitan itu, Kementerian Sosial telah mengambil langkah-langkah antisipatif yang tepat dan terencana. Salah satunya, sejak tahun 2017-2018, Kementerian Sosial telah mengukuhkan 2.000 Sahabat Peduli ODHA dan tahun 2019 ini kembali mengukuhkan 1.000 Sahabat Peduli ODHA.( Khr )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here