Helat Lomba Satlantas Polres Metro Bekasi Ajak kaum Melenila Pahami Tertib Berlalu Lintas

0
Iklan Dalam Artikel

Helat Lomba Satlantas Polres Metro Bekasi Ajak kaum Melenila Pahami Tertib Berlalu Lintas

Kabupaten Bekasi – Korps Lalu Lintas (Korlantas) Mabes Polri resmi menggelar kampanye bertajuk Millenial Road Safety Festival (MRSF) di seluruh Indonesia mulai hari ini, Sabtu (2/2/2019).

Di Kabupaten Bekasi, gelaran ini dibuka dengan deklarasi milenial dan kompetisi band. Kegiatan yang dihadiri 1.200-an kaum milenial itu dipusatkan di Taman Sehati, Cikarang Timur.

Pada sambutannya, Kasat Lantas Polres Metro Bekasi AKBP Heru Purnomo menjelaskan, menurut data Dirlantas Polda metro Jaya, angka kecelakaan yang menimpa usia generasi milenial cukup tinggi.

Iklan dalam artikel

“Rencana ini sebagai tindak lanjut terhadap data itu. Kita kumpulkan milenial di Kabupaten Bekasi. Harapan kita dengan berkumpulnya milenial, dapat memberikan semangat dan informasi yang tepat mengenai lalu lintas,” ucap Heru.

Kapolres Metro Bekasi Kombes Candar Kumara menambahkan, di Kabuten Bekasi sendiri, menurut catatan Unit Laka, pada 2017 ada 63 korban tewas karena kecelakaan lalu lintas, meningkat menjadi 82 orang tewas pada 2018.

“Trennya meningkat, sekitar 35-40 persen. Ada 60 persen kecelakaan yang melibatkan usia milenial,” katanya. Usia generasi milenial yang dimaksud adalah mulai 18 tahun hingga 35 tahun.

“Kita perlu menggelorokan tertib lalu lintas. Jangan ada korban kaum milenial di jalanan. Kita ajak kepada milenial agar peduli perilaku tertib berlalu lintas,” katanya.

Berdasarkan data yang dikeluarkan Satlantas Polres Metro Bekasi. Angka kecelakaan lalu lintas di Kabupaten Bekasi cenderung menurun. Pada 2017 ada 738 kasus kecelakaan, sedangkan pada 2018 ada 643 kasus.

Jumlah korban tewas memang meningkat sebagaimana dijelaskan Kapolres Candra Kumara sebelumnya, naik 30,15 persen, dari 63 orang menjadi 82 orang pada 2018.
Korban luka berat mengalami penurunan, dari 127 orang menjadi 64 orang pada 2018.

Pada aspek penindakan, selama 2018, Satlantas menerbitkan 50.500 lebar tilang dan 21.299 teguran dengan total denda mencapai Rp1 miliar lebih.

Selama 2018 Satlantas menggelar sejumlah operasi kepolisian seperti Operasi Zebra Jaya, Operasi Simpatik Jaya dan Operasi Patuh Jaya(Ari).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here