Fajar Paper Ikut Partisipasi Rehabilitasi Mangrove di Pantai Utara Bekasi

empal
Rehabilitas pesisir Pantai Utara Bekasi. (ist)

RIBUAN hektare hutan mangrove di pesisir laut utara Bekasi khususnya di Muara Gembong semakin menyusut akibat pembalakan liar serta ketidaktahuan masyarakat sekitar tentang besarnya manfaat ekosistem hutan bakau di pesisir pantai.

Kondisi kerusakan ekosistem hutan mangrove di pesisir Pantai Utara Bekasi ini pun sudah berada pada ambang batas yang sangat mengkhawatirkan.Perlu kesadaran dan rasa tanggung jawab untuk membenahi hal tersebut, terutama dalam proses pelestarian dan rehabilitasi.

Di Muara Gembong, Kabupaten Bekasi, ratusan hektare hutan mangrove yang beralih fungsi menjadi tambak sejak tahun 1940-an kini telah berubah menjadi daerah terdampak abrasi dengan tingkat kerusakan yang tinggi. Kerusakan hutan mangrove yang terjadi berdampak pada melemahnya kegiatan ekonomi masyarakat.

Hal itu terjadi karena tambak yang biasa digunakan untuk lahan budidaya air payau seperti ikan bandeng dan udang windu kini sudah menyatu dengan laut dan ketika kondisi ini dibiarkan akan menjadi salah satu penyebab bertambahnya angka kemiskinan di Kecamatan Muara Gembong.

Memahami kondisi tersebut Fajar Paper lewat CSR-nya turut serta berpartispasi dalam menggalakkan kepdulian lingkungan khusunya rehabilitasi hutan mangrove yang berada di pesisir pantai utara bekasi, khususnya di Muara Gembong dengan rangkaian kegiatan yang dilakukan diantaranya pelatihan masyarakat, pembibitan mangrove, penanaman dan pemeliharaan mangrove di lahan konservasi.

Sebagai bentuk tanggung jawab dan kepedulian terhadap lingkungan khusunya hutan mangrove, sejak tahun 2018 selalu berperan aktif dan berpartisipasi melakukan perbaikan dan pengembangan hutan mangrove di pantau utara bekasi bekerja sama dengan LSM Generasi Masyarakat Peduli Alam dan Lingkungan Hidup.

Berbagai kegiatan sudah kita lakukan di tahun 2018 lalu seperti penanaman pohon mangrove, pemberian ajir, pemberian bibit-bibit mangrove. Di tahun 2019 ini tetap konsisten dan berkomitmen untuk menjaga dan melestarikan hutan mangrove seperti yang baru-baru ini dilakukan yaitu memberikan ribuan pohon mangrove dan ribuan ajir untuk merahabilitasi hutan mangrove di pantai utara Muara Gembong.

Penanggung Jawab Pelaksana CSR Fajar Paper Kurniawan, mengutarakan, kegiatan itu adalah bentuk kepedulian perusahaan terhadap lingkungan sekitar yang kali ini difokuskan dalam program Rehabilitasi Hutan Mangrove di Pantai Utara Muara Gembong, Kabupaten Bekasi.”

“Harapan saya ke depannya, kita dapat menjadi contoh bagi perusahaan lainnya untuk dapat berpartisipasi menjaga dan melestarikan hutan mangrove di pantai utara,khusunya Muara Gembong,” katanya.

Selain program Rehabilitasi mangrove ini, kegiatan CSR lainnya meliputi donor darah, penghijauan, zakat fitrah, bantuan hewan qurban, pemberian bantuan paket alat tulis dan seragam guru, renovasi sekolah, periksa mata gratis, bantuan 30 unit komputer, bantuan kursi dan lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *