Buat APD Berkulitas Tinggi,Kepala Pusat Krisis Kesehatan Kemenkes Apresiasi

61
iklan bnk kabupaten bekasi

Buat APD Berkulitas Tinggi,Kepala Pusat Krisis Kesehatan Kemenkes Apresiasi

Kota Bekasi – Kebutuhan alat pelindung diri (APD) pada situasi pandemi covid-19 menjadi tinggi. Rumah sakit, klinik, dan puskesmas membutuhkan APD sebagai salah satu prosedur bagi dokter dan perawat dalam menangani pasien.

Di Bulak kapal, Kelurahan Arenjaya, Bekasi Timur, terdapat sebuah UMKM yang menyediakan APD dengan kualitas tinggi, yaitu PT Maselo Maju Mapan dengan produk bernama Maselo APD. Maselo turut memasuk kebutuhan APD di Indonesia selama masa pandemi covid-19 ini.

Kepala Pusat Krisis Kesehatan Kemenkes, dr. Budi Sylvana, menilai produk Maselo di luar ekspektasi dan sangat menggembirakan

“Kami gak menyangka UMKM bisa produksi APD sebagus ini. Setelah kami lihat langsung, di luar ekspektasi kita. Penilaian kami cukup bagus,” ucap Budi.

Menurutnya quality control benar-benar dijalankan oleh Maselo sehingga menjadi nilai lebih untuk khususnya APD.

“UKM sudah saatnya diberi ruang khusus untuk dunia kesehatan. Harus sudah memberdayakan UMKM untuj menopang industri kesehatan di Indonesia. Apalagi saat musim covid kebutuhan APD cukup tinggi. Di sinilah UMKM berperan untuk penuhi kebutuhan logistik,” ucap dia.

Produk dari Bekasi ini kata Budi adalag salah satu yang terbaik di Pusat Krisis Kesehatan Kemenkes.

“Paling baik. Mulai dari jahitannya, kemudian bahannya, packaging-nya, kardusnya. Semua sertifikasi ada 6 atau 7 mereka sudah lulus sertifikasi,” katanya.

UMKN, ucap dr. Budi, harus dibina dulu supaya bisa memproduksi APD sesuai pedoman yang ada. Di Maselo misalkan, 48 penjahit dikumpulkan bergabung untuk memproduksi APD dan bernaung di bawah satu bendera.

‘Kebutuhan kami cukup banyak saat pandemi. Masih terus berlangsung, 2021 kami butuh APD dalam jumlah cukup banyak. Kami berharap UMKM terus supply sehingga ini perkuat ketahanan kami di bidang kesehatan,” ujarnya.

“Kendala permodalan klasik di UMKm. Kita akan coba menempuh berbagai jalur dan kita yakin UMKM bisa. kami berharap umkm bisa diekspor, karena Maselo sudah memenuhi kualitas standar,” demikian dia.

Sementara itu pemilik PT Maselo Maju Mapan, Manda, mengaku senang dengan kehadiran perwakilan Kemenkes ke tempat produksi APd.

“Dari kemenkes kami dinilai terbaik untuk overall APD yang telah di-supply di Kemenkes. Dari Kementerian Kesehatan memberikan imbauan untuk menjaga kualitas sehingga kami tetap konsisten memberikan kontribusi APD,” kata dia.

Dia berharap Maselo dapat membantu orang banyak dan yang lain tetap bisa bekerja dan berkarya.

“Kalau dari Kemenkes melihat APD kita, Beliau imbau tingkatkan ke ranah ekspor dari situ kami mengupayakan hal itu,”tandesnya (Khr).

Bekasi Newsroom 2 Tahun