Polda Metro Jaya Gandeng SDB Untuk Amankan Natal Dan  Malam Tahun Baru

Polda Metro Jaya Gandeng SDB Untuk Amankan Natal Dan  Malam Tahun Baru

Kabupaten BekasiMenjelang libur Natal dan Tahun Baru 2020, Direktorat Bina Masyarakat (Binmas) Polda Metro Jaya melakukan pelatihan terhadap 300 anggota satpam untuk sertifikasi gada pratama, Rabu (18/12/2019).

Pembukaan pelatihan gada pratama angkatan ke-5 itu digelar di Lapangan Rusa, Perumahan Cikarang Baru, Cikarang Timur. Gada pratama tersebut digelar oleh PT Sejahtera Damai Bersama (SDB).

Kasubdit Satpam dan Polsus Ditbinmas Polda Metro Jaya, Ajun Komisaris Besar Polisi Doni Sembiring menjelaskan satpam mesti mempunyai standardisasi dan legalitas seperti gada pratama ini.

“Karena berkaitan dengan tugas pokok pengamanan di tempat tugas mereka,  mereka harus bertugas dengan penuh tanggung jawab. Apabila ada orang yang tidak dikenal atau aksi kriminal diharapkan mereka bisa koordinasi dengan aparat setempat,” ungkapnya.

Sehingga, pelibatan satpam dapat membantu tugas kepolisian dengan profresionalitas yang dimiliki.

Sementara itu Plh Kasat Binmas, Komisaris Alin Kuncoro, menjelaskan di Kabupaten Belasi ada 50 penyedia usaha jasa pengamanan (PUJB) dengan estimasi sekira 4.000 angota satpam, salah satunya PT SDB yang dapat menyelenggarakan gada pratama.

“Mereka punya tugas sebagai perpanjangan tangan kewenangan kepolisian terbatas. Kita akan koordinasi. Mereka ditempatkan untuk melaksanakan itu, kita sebgai pembina fungsi akan saling koordinasi untuk menjaga sinergitas keamanan,” katanya.

PT SDB sudah 5 kali menggelar pelatihan gada pratama. Untuk angkatan ini kurang-lebih ada 200 orang anggota satpam yang dilatih.

“Kita berharap dengan adanya pelatihan ini bisa meningkatkan kemampuan satpam tersebut untuk menjaga keamanan di lingkungannya. PT SDB menerima PUJB lain yang belum punya diklat gada pratama, kita siap bantu untuk diklatnya,” ucap Komisaris PT SDB Tika Eko Mugiono.

PT SDB memiliki cabang di 5 daerah dengan jumlah pelanggan mencapai 100 perusahaan. Ada 2.000 lebih tenaga profesional satpam bergabung dengan perusahaan itu.

“Kita juga membuka pendaftaran untuk diklat gada pratama angkatan keenam. Bisa dapat menghubungi kantor SDB,” pungkas Tika(Raf).

Respon (1)

  1. Wow, wonderful weblog format! How lengthy have you been blogging for?
    you made blogging glance easy. The overall look of
    your web site is excellent, let alone the content material!

    You can see similar here e-commerce

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *