Antisifasi Banjir Musim Penghujan Petugas Kebersihan Bersihkan Sampah Kali

0
Iklan Dalam Artikel

Antisifasi Banjir Musim Penghujan Petugas Kebersihan Bersihkan Sampah Kali

Kabupaten Bekasi – Bersiap menghadapi musim hujan dan mengantisipasi banjir, pasukan oranye dari UPTD Kebersihan Wilayah 2 membersikan kali di Jalan KH Abu Bakar, Setiadarma, Tambun Selatan, Jumat (8/11/2019). pasukan oranye dibantu oleh 10 orang pesapon. Sejak pagi mereka mulai terjun ke kali yang kerap dipenuhi sampah itu.

“Ini rutinitas menghadapi musim penghujan dan antisipasi banjir. Awalnya dulu, sejak sampah laur biasa, sampai 100 meteran, mulai saat itu kita bergerak walau keterbatasan personel,” kata UPTD Kebersihan Wilayah 2 Hanan.
Ia memperkirakan kali ini pasukan oranye berhasil mengangkat sekitar 4 meter kubih sampah yang didominasi sampah seperti plastik dan stirofoam.

“Saya harap warga ikut berperan serta menjaga kebersihan, jangan membuang ke kali. Kan ada TPSS disediakan,” katanya.
Ia mengaku UPTD juga telah mensosialisasian perihal pengangkutan sampah kepada pihak desa dan RT-RW. Dengan biaya Rp10 ribu per rumah, sampah akan diangkut sebanyak 4 kali dalam sebulan.

Iklan dalam artikel

Hanan berharap agar Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bekasi dapat menambah personel, kelengkapan membersihkan sampah, dan juga armada untuk mengagkut sampah.

“Jadi kita tidak lagi andalkan mobil pelayanan (truk sampah, Ed). Khawatir pelayanan warga terganggu,” ucapnya.
UPTD Kebersihan Wilayah 2 membawahi 3 kecamatan, yakni Tambun Selatan, Tambun Utara, dan Tambelang.

“Itu kita sebisa mungkin bagaimana sampah di kali bisa diangkut. Ketika air tinggi, saya siap-siap ada tim khusus untuk melihat mana yang harus kita benahi dan angkat sampahnya,” demikian Hanan(khr).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here