Peringatan Hari Batik Nasional, Batiklopedia Ingatkan Pentingnya Melestarikan Budaya Indonesia

Kota Bekasi – Hari Batik Nasional di Kota Bekasi berlangsung seru dengan sejumlah rangkaian acara.

Acara tersebut merupakan kolaborasi Batiklopedia dengan penggiat Batik Bekasi yang dihelat di Lagoon Avenue, Minggu (1/10/2023).

Salah satu acara yang menarik perhatian adalah lomba mewarnai Batik yang diikuti murid Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

Dalam lomba mewarnai tersebut, anak-anak tampak antusias mewarnai motif-motif Batik yang telah disediakan oleh panitia.

Penggiat Batik Bekasi, Barito Hakim Putra mengatakan, lewat lomba mewarnai, ia ingin mengenalkan Batik sejak dini ke anak-anak.

“Kita ingin anak-anak sejak dini sudah kenal dengan batik, akrab dengan motif-motif yang ada,” kata dia, Minggu (1/10/2023).

Ia menambahkan, batik adalah warisan budaya bangsa yang harus dijaga. Apalagi seiring dengan diakuinya Batik oleh UNESCO.

Selaku penggiat Batik, ia juga mendorong Revolusi Batik sebagai upaya untuk memasyarakat Batik kepada masyarakat Indonesia secara luas khususnya generasi muda.

“Kita harus jaga dan lestarikan Batik ini, apalagi Batik Indonesia sudah diakui oleh dunia lewat Unseco. Jadi jangan sampai Batik ini diakui oleh negara lain karena kita tidak berupaya menjaganya dengan baik,” kata dia.

Tak hanya itu, dalam rangka Hari Batik, ia berharap selama Bulan Oktober masyarakat mengenakan Batik Bekasi dalam aktifitas sehari-hari. Kalau toh tidak memiliki Batik Bekasi bisa menggunakan Batik daerah lain.

“Saya mengajak masyarakat Kota Bekasi menggunakan Batik Bekasi. Kalau tidak ada pakai Batik apapun yang penting kita berbatik selama Oktober,” tandasnya.

Perwakilan Batiklopedia, Bima Nugroho mengatakan, Batiklopedia mendukung penuh perkembangan Batik di Nusantara.

Salah satu bentuk dukungan Batiklopedia yakni dengan membuat projek Batik Story yang mana ia berperan langsung sebagai Projek Director program tersebut.

Lewat Batik Story, Batik Klopedia ingin mengangkat atau mempromosikan Batik dari beragam daerah di Indonesia.

“Kami mendukung penuh perkembangan Batik Nusantara. Apalagi semenjak pandemi banyak pengerajin Batik yang gulung tikar,” kata dia.

Selain lomba mewarnai, dalam peringatan Hari Batik Nasional juga diisi dengan talk show, peragaan busana dan juga pentas musik.