kota  

Peringatan Apel PSM Ke 49 Tahun, PJ. Wali Kota Serahkan Bantuan Hibah Kepada Penggiat Sosial di Kota Bekasi.

Kota Bekasi – Dinas Sosial Kota Bekasi gelar peringatan apel hari jadi Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) ke 49 Tahun di Plaza Pemerintah Kota Bekasi, Pejabat (Pj.) Wali Kota Bekasi, Raden Gani Muhamad menjadi pembina apel dengan di ikuti peserta apel terdiri dari para penggiat sosial diantaranya Karang Taruna, Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK), Pendamping Sosial dan Pendamping Rehabilitasi Sosial dan PMI Kota Bekasi.

Hadir juga Kepala Dinas Sosial Kota Bekasi, Alexander Zulkarnaen beserta Camat se Kota Bekasi dalam apel tersebut serta dirangkaikan pemberian bantuan hibah dan bantuan sosial permakanan oleh Pj. Wali Kota Bekasi.

Rangkaian penyerahan yang dilakukan oleh Gani Muhamad diantaranya sebagai berikut ;
– Hibah uang kepada Karang Taruna Kota Bekasi sebesar Rp. 475.000.000 diserahkan kepada H. Darkam Suryadi selaku Ketua Karang Taruna Kota Bekasi.
– Hibah uang kepada PMI Kota Bekasi sebesar Rp. 288.000.000
– Hibah uang kepada Lembaga Lansia Indonesia sebesar Rp. 49.000.000.
– Bantuan Sosial Permakanan kepada Yayasan Al-Ikhlas sebanyak 154 paket senilai Rp. 84.700.000
– Bantuan Sosial permakanan kepada Yayasan Al-Ihya berupa 91 paket senilai Rp. 50.050.000
– Bantuan Permakanan kepada Abizar Ghifari (Balita stunting Kecamatan Rawalumbu) senilai Rp. 550.000
– Bantuan Sosial Permakanan kepada Nabila Khairunisa Putri (Balita Stunting Kecamatan Bekasi Selatan) senilai Rp. 550.000
– Bantuan Sosial Permakanan kepada Rokayah (Lanjut Usia Terlantar) sebesar Rp. 550.000
– Bantuan Sosial Permakanan kepada Sri Sundari (Lansia terlantar) senilai Rp. 550.000

Dalam sambutannya, Pj. Wali Kota Bekasi menekankan bahwa butuh kesadaran yang tinggi dan pemahaman yang baik dengan kondisi lokal dan juga kerelawanan tiada henti dalam menyelasaikan permasalahan sosial yang ada di Kota Bekasi.

“Butuh kesadaran yang tinggi, pemahaman yang baik terhadap kondisi lokal, butuh kesuka relaan dalam menjadi relawan yang peduli akan lingkungan sosial dimasyarakat,” Ujar Pj. Wali Kota Bekasi.

Ia jelaskan bahwa di Kota Bekasi saat ini telah terbentuk Ikatan Pekerja Sosial Masyarakat (IPSM) yang selalu dikuatkan eksistensinya melalui Peraturan Wali Kota Bekasi Nomor 36 Tahun 2021 tentang tugas pokok, fungsi dan peran ikatan pekerja sosial masyarakat yang jumlah anggotanya mencapai 250 jiwa

“Terima kasih saya haturkan kepada penggiat sosial yang melaksakan tugas sosialnya sebagai relawan, dalam memperhatikan dan peduli kepada para warga Kota Bekasi yang membutuhkan bantuan, semoga dengan gerakan ini bisa menjadi ladang pahala dan sangat bermanfaat bagi kita semua” ujar Gani.

IPSM ini merupakan partner strategis dari Dinas Sosial Kota Bekasi ditambah terbentuknya bantuan garda garda bantuan bencana dari Karang Taruna dan para penggiat TKSK di setiap Kecamatan yang merupakan mitra dari Pemerintah Kota Bekasi.

Lanjut, Pj. Wali Kota Bekasi terangkan bahwa Pemerintah Kota Bekasi melalui Dinas Sosial Kota Bekasi memberikan bantuan pemakanan secara simbolis kepada 14 Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS), 200 orang lansia terlantar dan 134 penderita stunting melalui APBD Kota Bekasi tahun 2024, bertujuan dalam penangangan perlu pelayanan kesejahteraan sosial di Kota Bekasi agar dapat bergerak bersama dan bersinergi melayani masyarakat yang kurang mampu.

“Pemerintah memang harus memberikan perhatian penuh kepada lembaga lembaga ini dalam mewujudkan kerangka kemitraan, dan PSM juga harus memahami bahwa mereka bekerja karena panggilan hati bukan semata mata tanggung jawab kepada birokasi.” tegas Gani.

Usai itu, Pj. Wali Kota Bekasi bersama tamu undangan melakukan potongan tumpeng sebagai bentuk syukur hari jadi Pekerja Sosial Masyarakat ke 49 Tahun (Rafi).