Peringati Hari Sumpah Pemuda Sekoci Gandeng Kadis LH Susuri Sungai Cibeet

Kepala Dinas LH bersama Sekoci menelusuri Sungai Cibeet.

Kabupaten Bekasi – Aksi sosial di lakukan serdadu komunitas cibeet(Secoci) dengan mengajak kepala dinas lingkungan hidup menelusuri sungai cibeet dalam rangka memperingati hari sumpah pemuda yang jatuh pada tanggal 28 Oktober 2020.

Dengan mennggunakan dua perahu boat dan mengambil star di bawah jembatan kali malang Cikarang pusat kabupaten Bekasi,serdadu komunitas cibeet(Secoci), bersama kapala dinas lingkungan hidup kabupaten Bekasi Peno Supono,melakukan penelurusan sungai cibeet, untuk melihat kondisi sungai yang kerap di jadikan sumber kehidupan warga yang berada di tempat tersebut.

Selain mengajak kepala dinas lingkungan hidup,serdadu komunitas cibeet(Secoci) yang di ketua Gunawan, juga menggandeng
Kolonel invantri Suyitno yang merupakan komandan sektor 20 sungai Citarum dan cibeet.

Dalam penelurusan yang di lakukan dengan mengambil jarak sejauh 20 kilo meter ini, nampak terlihat kondisi sungai cibeet yang masih belum tertata dan terurus,hingga membuat serdadu komunitas cibeet(Secoci) agak kesulitan dalam melakukan pemantaun di sungai tersebut.

Panjangnya sungai dan kurangnya armada sepeti perahu boat menjadi kendala serdadu komunitas cibeet(Secoci) dalam melakukan patroli untuk menjaga kelestarian sungai cibeet.

“sepeti inilah kondisi sungai cibeet, kami serdadu komunitas cibeet(Secoci), selalu rutin melakukan patroli dan membersihkan sampah dari sungai yang di buang orang tidak bertanggung jawab” tutur Gunawan ketua Secoci yang terjun langsung memantau sungai cibeet.

“Kendala yang kami hadapi saat ini, kurangnya armada perahu boat yang kami miliki, Karana kami hanya punya satu unit, hingga kami harus ekstra melakukan pemantauan dan penjagaan di sungai cibeet” beber Gunawan.

Sementara Kepala dinas lingkungan hidup, yang ikut melakukan penelusuran di sungai cibeet, cukup takjub saat melihat kondisi sungai cibeet yang selalu di jaga para serdadu komunitas cibeet(Secoci) hingga terjaga kelesatarian sungai dan satwanya.

“di momentum hari sumpah pemuda tahun ini, memang saya sebagai kepala lingkungan hidup kabupaten Bekasi, sangat mengapresiasi apa yang di lakukan serdadu komunitas cibeet(Secoci) dengan menjaga sungai dan satwa di tempat ini” ujar Peno Supono kapala dinas lingkungan hidup kabupaten Bekasi.

Di singgung kurangnya armada perahu yang di miliki serdadu komunitas cibeet(Secoci) peno berjanji akan memberikan bantuan, dengan harapan dapat memberikan motivasi bagi para serdadu komunitas cibeet(Secoci), dalam menjaga kelestarian sungai cibeet.

“akan kami usahakan untuk memberikan bantuan perahu untuk serdadu komunitas cibeet(Secoci), karena mereka adalah garda terdepan dalam menjaga kelestarian sungai cibeet” lanjut Peno

Di tempat yang sama Kolonel invantri Suyitno yang merupakan komandan sektor 20 sungai Citarum yang turut serta melakukan penelusuran sungai cibeet bersama serdadu komunitas cibeet(Secoci), akan melaporkan kondisi sungai cibeet yang dapat di jaga baik oleh para serdadu komunitas cibeet(Secoci) di tempat tersebut.

“kondisi cibeet sudah sangat baik, tinggah meminta warga untuk menjaga dengan membantu serdadu komunitas cibeet(Secoci) yang tanpa lelah menjaga dan melestarikan sungai tersebut” ujar Suyitno

“Kami dari TNI rencana akan melakukan penanaman pohon di sepanjang aliran sungai cibeet, dengan menanam pohon yang dapat tumbuh dengan baik dan nanti pohon yang di tanam dapat di mamfaat warga yang tinggal di bantaran kali cibeet” tandes Suyitno.

(red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *