Pemkab Bekasi Kembali Raih Opini WTP dari BPK

0
Iklan BNK Dalam Artikel

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi kembali meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI perwakilan Jawa Barat (Jabar).

Opini WTP untuk kelima kalinya ini diberikan di BPK RI perwakilan Jawa Barat di Jalan Mochamad Toha Nomor 164, Bandung, Selasa (28/5/2019).

Opini WTP tersebut diraih Pemkab Bekasi usai melaksanakan penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) BPK atas Laporan Keuangan Pemerintah Provinsi Jawa Barat Tahun Anggaran 2018.

Pemeriksaan terhadap laporan keuangan bertujuan untuk memberikan opini tentang kewajaran penyajian laporan keuangan. Pemeriksaan keuangan tidak dimaksudkan untuk mengungkapkan adanya penyimpangan dalam pengelolaan keuangan.

Meski demikian, jika pemeriksa menemukan adanya penyimpangan, kecurangan atau pelanggaran terhadap ketentuan perundang-undangan, maka harus diungkap dalam LHP.

Dalam batas tertentu terkait materialitasnya, hal tersebut mungkin mempengaruhi opini atau mungkin juga tidak mempengaruhi opini atas kewajaran LK secara keseluruhan.

Dengan begitu opini yang diberikan pemeriksa, termasuk opini WTP merupakan pernyataan profesional pemeriksa, dan bukan merupakan ‘jaminan’ tidak adanya penyimpangan yang ditemui. Ataupun kemungkinan timbulnya penyimpangan di kemudian hari.

Plt Bupati Bekasi Eka Supria Atmaja mengucap syukur atas opini WTP yang diraih untuk kelima kalinya ini. Ia juga mengapresiasi atas dedikasi kepala perangkat daerah sehingga bisa mempertahankan WTP kembali.

“Alhamdulillah. Segala puji syukur yang tak terhingga serta ucapan terimakasih setinggi-tingginya kepada kepala daerah. Hari ini kita kembali meraih Predikat Wajar Tanpa Pengecualian untuk kelima kalinya secara berturut-turut atas Laporan Hasil Pemeriksaan Keuangan Pemerintah Daerah oleh BPK RI,” ungkapnya.

Eka meminta agar prestasi yang sudah diraih ini terus dipertahankan. Bahkan bisa dijadikan penyemangat untuk terus berkarya demi Bekasi Baru Bekasi Bersih.

“Semoga prestasi ini dapat terus kita pertahankan untuk seterusnya. Serta menjadi penyemangat kita untuk terus berkarya yang terbaik demi Bekasi Baru Bekasi Bersih,” katanya.

Pemkab Bekasi meraih opini WTP bersama dengan sembilan daerah lainnya. Yakni Pemkot Depok, Pemkot Cimahi, Pemkab Sukabumi, Pemkab Bogor, Pemkab Indramayu, Pemkab Karawang, Pemkab Bandung, Pemkot Bekasi dan Pemkot Tasikmalaya.

(adv)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here