Waspada..! Musim hujan datang, TPA BURANGKENG rawan longsor

Kabupaten Bekasi – Hujan yang akhir-akhir ini sudah mulai deras, menjadi perhatian Komunitas lokal Prabu PL di wilayah TPA Burangkeng, Kecamatan Setu, Kabupaten Bekasi. Koordinator relawan bencana Prabu-PL, Mus Prasetya yang akrab disapa kang Mus menyampaikan, kalau hujan terus menerus seperti ini, TPA BURANGKENG sangat beresiko longsor dan saat ini pun sudah mulai terlihat, tegasnya.

Dirinya menjelaskan gunung sampah yang tingginya ± 30 meter itu jika terjadi hujan, di atas terdapat kubah yang dapat menampung air hujan. Jika kubah di atas gunungan sampah tidak mampu menampung, maka sampah akan longsor secara tiba-tiba dan beresiko terhadap keselamatan para pekerja kebersihan, seperti operator alat berat, supir dan crew pengangkut sampah.

Selain itu jika terjadi sampah longsor, juga dapat membahayakan jiwa para pemulung yang sedang memilah sampah di sekitar TPA BURANGKENG serta rumah-rumah warga yang dekat dengan gunung sampah tersebut.

Dirinya mengingatkan kembali saat Musim penghujan di tahun 2022-2023, berkali- kali TPA BURANGKENG longsor hingga menutupi jalan warga dan melenyapkan zona komposting juga sampai merusak pagar kantor UPTD TPA BURANGKENG.

“Pesan kami, selain harus ada peringatan resiko bencana sampah longsor jika musim hujan datang di TPA BURANGKENG, kita sebagai warga yang berada di sekitar juga wajib siaga dan mengingatkan kepada para petugas kebersihan untuk selalu berhati-hati juga waspada dalam bekerja”tutupnya (Biz).