Warga RW.07 Perumahan PMI Keluhkan Pemasangan PJU Tidak Menyeluruh

Kabupaten Bekasi – Sejumlah warga masyarakat di Perumahan Puri Mutiara Indah (PMI) RW.07 Desa Karangraharja, Kecamatan Cikarang Utara, mengeluhkan pembangunan lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) yang tidak menyeluruh di wilayahnya, Jumat (24/5/2024).

Salah seorang warga masyarakat RW.07 Perumahan PMI, mengatakan seharusnya pemasangan PJU lebih diprioritaskan di jalan-jalan utama, seperti di depan SMPN 6 Cikarang Utara, sementara di lingkungan RT nya tersebut tidak ada pemasangan PJU. Sementara ada lampu PJU yang dipasang di semua gang dalam satu RT, yaitu RT.02.

“Lampu PJU tersebut dipasang dari Jalan Kakap 6 sampai Jalan Kakap 11. Sedangkan di RT saya satu pun enggak ada. Apakah memang peraturannya seperti itu, jadi saya minta penjelasan kepada Ketua RW,” ungkapnya kepada para awak media.

Dikatakan dia, Ketua RW.07 menjelaskan kalau pembangunan PJU tersebut merupakan aspirasi dari anggota DPRD, sehingga pembangunan dilakukan secara bertahap karena sesuai skala prioritas. Dan harapannya kedepannya di RW.07 semua lampu PJU akan terpasang.

“Pembangunan lampu PJU itu sudah sekitar dua minggu ya, tetapi baru rangkanya saja, sementara untuk jalur listriknya belum ada, jadi belum nyala. Saya berharap agar lampu PJU bisa diprioritaskan di jalan utama. Dan manfaat dari lampu PJU bisa merata dirasakan oleh semua warga masyarakat di RW.07,” terangnya.

Menanggapi hal itu, Ketua RW.07 Perumahan PMI, Mukibi, sependapat jika lampu PJU diprioritaskan di jalan-jalan utama. Dirinya meluruskan jika lampu PJU tidak hanya dipasang di kelompok tertentu saja. Lampu PJU dipasang dalam satu RT, karena RT tersebut yang telah mengajukan lampu PJU di wilayahnya.

“Saya juga ingin di tempat fasum (fasilitas umum,red) juga ada penerangan ya, seperti di Masjid Al-Muhajirin dan Masjid Al-Ikhlas alhamdulillah kita dapat. Dipasang juga di lokasi yang rawan terjadinya kriminalitas di jalan raya,” ungkapnya.

Dirinya mengakui di Jalan Kakap Raya belum mendapat lampu PJU. Namun akan mendapatkan secara bertahap. Untuk lampu PJU diakuinya berasal dari aspirasi salah satu anggota DPRD, yang sudah beberapa kali datang ke lingkungan RW.07.

“Pas sebelum pemilihan pernah datang ya, cuma mengenai teknis pengajuan lampu PJU itu saya enggak tahu ya. Selama ini komunikasinya dengan salah satu pengurus RW.07, karena menjadi bagian dari tim pemenangan anggota DPRD tersebut,” pungkasnya. (Kuy)