210 Pedagang UMKM Ramaikan Gelaran Event Nusantara Bersatu

64

 

Jakarta – Gelaran event bertajuk Nusantara Bersatu yang dihadiri Presiden Jokowi di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta Pusat pada Sabtu (26/11/2022) kemarin, membawa berkah bagi UMKM yang ada di Jakarta dan Sebagian daerah penyangga Ibu Kota.

Bambang Hariyanto selaku Ketua Garda Bakso Nusantara (GARBANUSA) mengatakan, ada 210 pedagang gerobak bakso, siomay, dan gorengan keliling yang didatangkan ke GBK untuk menyajikan makanan bagi peserta yang hadir dalam acara tersebut.

“Kemarin berkah bagi UMKM khususnya pedagang Bakso, pedagang Siomay, pedagang gorengan yg keliling, ada kurang lebih 210 gerobak diborong oleh Panitia Nusantara Bersatu yg dihadiri Pak Jokowi.” ujar Bambang saat dikonfirmasi, Minggu (27/11/2022).

“Untuk porsi bakso sendiri ada 30.000 porsi, untuk siomay ada 20.000 porsi, dan gorengan 20.000 porsi gorengan. kita siapkan untuk menjamu para relawan dan tamunya pak Jokowi.” lanjutnya.

Menurutnya, dalam acara tersebut untuk pertama kalinya para pedagang kecil, mendapatkan kesempatan menyajikan produk makanannya dan diborong langsung oleh Presiden Republik Indonesia untuk event semegah Nusantara Bersatu.

“Jadi temanya sangat Indonesia banget, Nusantara Bersatu, menu yang disajikan pun adalah menu nusantara, dari para pedagang keliling yg ada di Jakarta dan sekitarnya. Bukan produk Restoran Mewah, ini sangat luar biasa.” ungkap Bambang.

Bambang menyebut, dalam event tersebut jajanan khas Nusantara ini disajikan di tiga titik pintu masuk yaitu pintu D, pintu E, dan pintu G di GBK dengan masing-masing di sajikan oleh 70 gerobak pedagang bakso, siomay, dan gorengan.

“Pak Presiden telah memberikan contoh yang baik, di event semegah ini, beliau melibatkan para pedagang keliling khas Nusantara, bukan produk-produk restoran, tetapi produk-produk UMKM, pedagang kecil, pedagang keliling, ada yang menggunakan motor, gerobak dorong.” ucapnya.

Bambang juga berharap, kepada Pemerintah Daerah apabila mengadakan Event-event besar, ikut melibatkan para pelaku UMKM, pedagang kecil,pedagang keliling sehingga bisa membantu memperkenalkan produk-produk usaha kecil kepada khalayak umum, agar kesejahteraan para pelaku UMKM itu dapat meningkatkan.

“Berharap ini juga dilakukan oleh Kepala Daerah, apabila Pemerintah Daerah mengadakan even-even wajib melibatkan para pelaku UMKM kecil seperti ini, supaya apa?, kesejahteraan UMKM ini bisa meningkat.” kata Bambang.

Dalam hal tersebut, Bambang juga mengucapkan terima kasih kepada unsur TNI dan Polri yang telah membantu dalam pengamanan terhadap keberangkatan dan kepulangan para pedagang kecil ini.

“Terima Kasih, wabilkhusus Kepada Bapak Kapolres Metro Bekasi yang memberikan atensi khusus, untuk melakukan pengawalan terhadap truk pengangkut gerobak dan bis para pedagang yang berasal dari kabupaten Bekasi. Baru kali ini tukang bakso, tukang siomay, dan tukang gorengan diborong sama pak Jokowi dan dikawal Patwal Polri sampai ke lokasi.” tutupnya (Rafi).

Bekasi Newsroom 2 Tahun