Para Anggota Tuntut IPSM Kota Bekasi Transparan Soal Dana Donasi

34
iklan bnk kabupaten bekasi

Para Anggota Tuntut IPSM Kota Bekasi Transparan Soal Dana Donasi

Kota Bekasi – Ikatan Pekerja Sosial Masyarakat (IPSM) Kota Bekasi telah beberapa kali menjadi perantara atau bermitra dengan kitabisa.com. Warga Kota Bekasi yang membutuhkan uluran tangan, dibuatkan kanal donasi di aplikasi daring tersebut.

Namun ternyata, ada dugaan penyalahgunaan keuangan. Disinyalir dana yang terkumpul dan diberikan kitabisa.com ke IPSM, tidak seluruhnya sampai ke tangan yang membutuhkan.

Permasalahan ini ditemukan sendiri oleh Ketua Bidang Organisasi, Kelembagaan dan Pengembangan Profesionalitas IPSM Kota Bekasi, Yusuf Blegur.

Dalam paparannya kepada bekasinewsroom, Jumat (6/11/2020) kemarin, Yusuf mengaku mendapatkan laporan dari berbagai pihak tentang penyalahgunaan dana bantuan.

“Jadi dana dari kitabisa.com ditransfer ke rekening IPSM sebagai fasilitator. Nah dari IPSM baru diberikan ke warga yang profilnya diangkat dan tampil di aplikasi kitabisa.com. Masalahnya disini, banyak yang dapat uangnya, jauh dari nilai yang tertera di aplikasi atau website kitabisa,” ungkap Yusuf Blegur.

Yusuf menginginkan rekan-rekannya di IPSM transparan. “Khusus IPSM Kota Bekasi dan terkait dengan kemitraan atau kerjasamanya dengan kitabisa, saya ingin buka-bukaan agar transparan dan akuntabel. Harus ada forum musyawarah seluruh anggota dan pengurus IPSM se Kota Bekasi. Insyaallah data dan faktanya bisa di pertanggung jawabkan dan dari sumbernya langsung,” lanjut Yusuf.

Yusuf berharap hal ini segera dapat dimusyawarahkan di organisasi IPSM, karena ini menyangkut penggunaan anggaran publik.

“Hal ini penting untuk dilakukan agar diantara sesama anggota dan pengurus IPSM se-Kota Bekasi, tidak saling mengumbar rumor, gosip dan bahkan fitnah. Agar tidak ada lagi yang saling menjelek-jelekan, mendiskreditkan dan membunuh karakter kawan sendiri,” katanya.

Yusuf juga menegaskan bahwa hal ini bukan karena urusan pribadi atau orang per orang. “Ini masalah organisasi yang yang menjadi kepentingan bersama dan harus ada keterbukaan dan pertanggungjawaban baik secara program maupun keuangannya.”

“Ada saatnya seluruh anggota dan pengurus IPSM se-kota Bekasi mengetahui dan memahami masalah yang sebenarnya termasuk keterbukaan program dan pertanggungjawaban keuangan organisasi IPSM Kota Bekasi,” Tandesnya(Khr)

Bekasi Newsroom 2 Tahun