Jelang Ramdhan, Tradisi Ziarah kubur di tengah pandemi Covid 19

52
iklan bnk kabupaten bekasi

Jelang Ramdhan, Tradisi Ziarah kubur di tengah pandemi Covid 19

kota Bekasi-Sejumlah warga di Bekasi berziarah ke makam keluarga atau orang tua seperti kakek maupun nenek yang sudah meninggal di tengah pandemi virus Corona yang tengah melanda Indonesia

Warga membersihkan dan berdoa di makam keluarga saat melakukan ziarah kubur di Pemakaman Kembang, di Jalan kaliabang Bungur utara kel. Pejuang Kec Medan Satria , Minggu (19/4/20).

Ziarah kubur tersebut dilakukan warga sebelum memasuki Bulan Ramadan,
Hal ini nampaknya telah menjadi tradisi, ini sudah berlangsung lama di Indonesia

Terlihat warga menggunakan masker saat berziarah ke makam keluarganya di Tempat pemakman kembang kel Pejuang. Meskipun sudah ada imbauan dari Majelis Ulama Indonesia (MUI), agar sebaiknya umat Islam tidak melakukan ziarah kubur menjelang Ramadhan 1441 Hijriyah karena masih dalam masa pandemi COVID-19, namun warga tetap melakukan ziarah dan membersihkan makam.

Pantauan Bekasinewsroom di pemakaman kembang kel Pejuang, dari pengurus makam wakaf ini tidak ada imbauan melalui spanduk-spanduk untuk tetap melakukan protokol kesehatan selama berziarah

Saya sempat bertemu dengan pengunjung bernama Fahruroji (54), yang datang ke sana untuk berziarah. Dia mengaku”Takut nggak takut sih, tapi ya mantep lah. Kita datangkan berniat mau ziarah. Sebenernya ya khawatir juga, tapi jaga kebersihan diri sendiri dulu deh, bawa masker dan hand sanitizer tetap jaga jarak,” ungkapnya ( Khr )

Bekasi Newsroom 2 Tahun